I made this widget at MyFlashFetish.com.

Followers

Mengenai Saya

Saya seorang perfectsionis yang terkadang bingung untuk memilih pilihan, memiliki bakat sanguinis, suka dengan hal hal berbau sosial, berkeinginan untuk memperbaiki pertahanan nasional, masalah cinta pasti sudah ada yang mengatur

Kepemimpinan

Diposting oleh Mahardika Kurnia Dewantara on 12:05 PM

KEPEMIMPINAN

A Pengertian Kepemimpinan

· Menurut H.Koonts & Cyrill O”Donnel (1982), kepemimpinan adalah Suatu seni /proses mempengaruhi sekelompok orang,sehingga mereke mau bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompok

· Menurut Anderson (1988), "leadership means using power to influence the thoughts and actions of others in such a way that achieve high performance".

· Menurut Sarros dan Butchatsky (1996), istilah ini dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.

B Arti Pemimpin

· Menurut Kartini Kartono (1994)

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.

· Menurut C.N Cooley (1902)

Pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan, dan pada kesempatan lain, semua gerakan sosial kalau diamati secara cermat akan akan ditemukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.

· Menurut Ahmad Rusli (1999)

Pemimpin adalah individu manusia yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) ke arah mencapai matlamat yang ditetapkan.

Dalam bahasa Indonesia "pemimpin" sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara.

C Macam Kepemimpinan

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter
Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

2. Gaya Kepemimpinan Demokratis
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

3. Gaya Kepemimpinan Bebas
Pemimpin jenis ini hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

Kriteria Pemimpin

1 Pengaruh : Seorang pemimpin harus dapat mempungaruhi bawahannya. Pengaruh ini dapat membuat pemimpin ini diikuti oleh pengikutnya.

2 Kekuasaan/Power : Seorang pemimpin dapat diikuti pengikutnya dikarenakan ia memiliki kekuatan atau power yang dapat membuat orang lain menghargainya.

3 Wewenang : wewenang maksudnya adalah hak yang diberikan oleh pemimpin untuk memutuskan suatu kebijakan.

4 Pengikut : Seorang pemimpin yang memiliki ketiga kriteria diatas belum dikatakan seorang pemimpin bila belum memiliki pengikut.

Kriteria Pemimpin Sejati

1 Visioner : Seorang pemimpin harus mempunyai tujuan yang jelas. Dan dia harus tau kemana dia harus membawa pengikutnya.

2 Sukses Bersama : Seorang pemimpin harus bisa membawa pengikutnya untuk mendapat sukses bersama-sama. Bukan untuk mencari keuntungan sendiri.

3 Terus Belajar : Seorang pemimpin harus bisa terus belajar kepada siapapun, meskipun belajar kepada bawahan.

4 Mempersiapkan Untuk Regenerasi : Seorang pemimpin harus dapat mempersiapkan pemimpin generasi berikutnya. Seorang pemimpin tidak boleh menikmati masa-masa menjadi pemimpin tanpa mempersiapkan pemimpin yang baru.

Tugas Pemimpin

1. Pemimpin bekerja dengan orang lain

Seorang pemimpin harus mampu bekerja dengan bawahannya, rekan kerja, maupun atasan lain.

2. Pemimpin adalah bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan

Pemimpin bertanggung jawab menyusun tugas, menjalankan tugas, dan memberi evaluasi atas tugas yang diberikan.

3. Pemimpin adalah seorang diplomat

Pemimpin harus bisa mewakili tim atau kelompok yang dipimpinnya.

4. Pemimpin sebagai pengambil keputusan yang sulit

Pemimpin harus dapat memikir dan mengambil keputusan dari sebuah permasalahan.

5. Pemimpin sebagai penyeimbang tujuan dan prioritas

Pemimpin harus dapat membuat prioritas kerja dan tetap sejalan dengan tujuan.


Pemimpin jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi "LEADER", yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah :
o Loyality, seorang pemimpin harus mampu membagnkitkan loyalitas rekan kerjanya dan
memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
o Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan
tacit knowledge pada rekan-rekannya.
o Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
o Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan
dalam setiap aktivitasnya.




0 komentar:

Posting Komentar